SPEGA“Pantang Pulang, Sebelum Menang”, itulah semboyan yang selalu didengungkan setiap kali anak didik akan maju bertanding di berbagai event. Hingga membuahkan prestasi enam kali berturut-turut menjadi juara umum di gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), yang digelar 30 Oktober hingga 2 November lalu.

SMP Negeri 3 Batang Memperoleh Medali pada POPDA 2019 sbb :
–>> 9 (sembilan) EMAS ;
>> 12 (dua belas) PERAK ;
–>> 19 (sembilan belas) PERUNGGU.

Beberapa cabang olahraga yang mengantarkan atlet-atlet SMPN 3 Batang memperoleh medali yaitu, karate 2 emas dan 1 perak, panahan 2 perak, bulu tangkis 1 emas dan 1 perak, basket putra 1 perak, basket putri 1 perak, renang 5 perak dan 3 perunggu, senam lantai putri 2 perunggu, tenis meja 1 emas, tae kwon do 4 emas dan 6 perunggu dan pencak silat 1 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

“Kami membekali mereka semangat supaya berjuang sungguh-sungguh, jangan lupa selalu berdoa, mudah-mudahan apa yang kita usahakan, jika diiringi doa insya Allah diridhoi. Ternyata betul-betul membuahkan hasil yang sangat gemilang,” ungkap Kepala Sekolah Bapak Bambang Purwantyono, usai memimpin apel di halaman SMPN 3 Kabupaten Batang.
Anak didik, lanjutnya, yang telah menorehkan enam kali kemenangan di tingkat POPDA Kabupaten Batang, semua berkat rahmat Allah. 

“Karena tanpa ridho-Nya, tidak mungkin itu terjadi, walaupun selalu berusaha, berjuang dan berlatih, namun jangan pernah lupa senantiasa diiringi dengan doa,” tegasnya.
Bapak Bambang juga mengatakan, bagi atlet-atlet SMPN 3 Batang yang akan berlaga di tingkat eks-Karesidenan maupun Provinsi Jawa Tengah, dari pihak sekolah selalu memotivasi untuk selalu giat berlatih.

“Para pelatih pun demikian, semangat untuk mempersiapkan anak-anaknya berprestasi di tingkat yang lebih tinggi,” tandasnya.
Sementara itu, Pembina Kesiswaan, Bapak Yudha Anggarina Kurniawan menuturkan, beberapa trik hingga anak didiknya selama enam kali berturut-turut menjadi juara umum di ajang POPDA.

“Kegiatan ektrakurikuler olahraga selalu berjalan dengan baik, namun tiga bulan menjelang event POPDA, ada latihan intensif di masing-masing cabang, yang diberikan  pelatih dari sekolah maupun dari luar sekolah,” paparnya.

Bapak Yudha AK selalu menekankan kepada anak-anak didiknya supaya berprinsip pantang menyerah dan sportif.
“Ada semboyan dari sekolah, “Pantang Pulang, Sebelum Menang”, jadi ada semangat bertanding untuk anak-anak dari semboyan itu,” ujarnya.

Sebagai tanda syukur kepada Allah Ta’ala atas prestasi yang diraih sekolah, seluruh guru bersama para atlet pelajar menggelar tasyakuran dengan menikmati menu spesial yang telah disiapkan.

Enam Kali Berturut-turut SMPN 3 Batang Juara Umum POPDA Kab. Batang